Pecel Rawon

Tidak banyak yang mengetahui kuliner khas Banyuwangi yang eksotis karena perpaduan citarasa yang ‘unik’ dan tidak biasa bagi sebagian besar penikmat kuliner khas Jawa Timur. Citarasa unik tersebut tercipta dari perpaduan yang ‘tabrakan’ seperti Rujak Soto, Pecel Rawon, maupun Lontong Pecel. Awalnya saya sendiri mengernyitkan dahi karena ketiga masakan tersebut tidak pernah saya ketahui sebelumnya kalau bisa menyatukan dua rasa masakan sekaligus. Membayangkan rasanya saja tidak pernah terbersit dalam imajinasi saya.

Disajikan dalam satu piring plus satu mangkok yang kelihatan menggugah selera.. Masakan Indonesia selalu memiliki eksotisme tersendiri dengan warna-warna yang menggiurkan dan membuat perut ‘berdendang’.
Pecel Rawon ternyata disajikan dengan nasi putih dengan bawang goreng di atasnya yang menambah harumnya bumbu kacang khas Pecel Jawa Timur. Bermacam-macam sayuran segar diberi bumbu kacang, ditambah dengan tahu dan tempe goreng, pas sekali untuk menu sarapan pagi. Baru kemudian kuah dan daging rawon disiramkan sebagai pelengkap menu Rawon Pecel ini. Tidak lupa rempeyek kacang ataupun rempeyek teri sebagai sentuhan akhir menu khas Banyuwangi ini.
Awalnya saya berpikir kalau hanya memakan pecel dengan nasi saja ataupun nasi dengan kuah dan daging rawon apa bedanya dengan makan dua menu sekaligus? Namun ternyata cara memakannya memang dicampur secara langsung, antara bumbu kacang yang gurih dicampur dengan kuah rawon yang ‘khas’ dan segar. Memang kuah Rawon dibuat ‘lebih ringan’ sehingga terasa segar dipadu dengan bumbu Pecel yang gurih, sehingga tidak ‘eneg’. Hasilnya? Rasanya Mantap sekali.. Perpaduan rasa yang eksotis dan membuat lidah dimanjakan dengan rasa yang ‘unik’ namun nikmat.
Rasa Gurih Kacang, renyahnya gorengan Tahu dan Tempe, ditambah segarnya kuah Rawon dengan kluweknya yang sangat khas, rasanya Sempurna.. Sebuah pengalaman yang tidak terlupakan dari kuliner khas Jawa Timur yang berhasil memanjakan lidah saya dengan memadukan rasa dua masakan yang tidak pernah timbul dalam bayangan saya kalau bisa dipadukan secara langsung.
Jadi semakin penasaran untuk menelusuri kota Banyuwangi yang ternyata memang sangat lihai dalam memadukan dua masakan yang sudah memiliki rasa yang khas, namun dengan sentuhannya berhasil menciptakan masakan yang sangat kaya rasa..
Baca juga : Proses Penyelenggaraan Makanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s